google.com, pub-4059187585619593, DIRECT, f08c47fec0942fa0 google.com, pub-4059187585619593, DIRECT, f08c47fec0942fa0 kebudayaan nasional dan lokal - KGDLL.com

kebudayaan nasional dan lokal

A. Budaya Nasional dan Lokal


 
 
1. Pengertian Kebudayaan
                Istilah budaya (culture) berasal dari kata sangsekerta "Buddhhayah" sebagai bentuk jamak dari kata "Buddhi", yang artinya akal/budi.

              secara Etimologis budaya adalah hal-hal yang bersangkutan dengan budi/akal
dalam bahasa inggris di kenal dengan istilah "Culture" yang berarti budaya. istilah Culture ini sebenarnya berasal dari bahasa latin "Colere" yang artinya mengolah atau mengerjakan tanah (bertani). kata colere berkembang menjadi itilah culture yang berarti : segala tindakan manusia dalam mengelola alam.

      kata budaya memiliki istilah lain, yakni peradapan, yang dalam bahasa inggris disebut "Civilitation", itilah ini digunakan untuk menyebut unsus-unsur budaya yang halus, maju dan indah seperti sopan santun, kesenian, ilmu pengetahuan, organisasi, kenegaraan, kepandaian membuat baran-barang yang indahdan membuat kreasi seni yang lain.

banyak ahli yang mengemukakan definisi kebudayaan, seperti berikut:

a. menville j. herskovits
        menville j. herskovits memandang kebudayaan sebagai suatau yang super organik, karena kebudayaan yang turun temurun dari generasi ke generasi tetap hidup walaupun orang-orang yang menjadi anggota masyarakat senantiasa silih berganti disebabkan oleh kematian dan kelahiran.

b. koenjaraningrat
        mengemukakan bahwa kebudayaan sseagai keseluruhan sistem gagasan, tindakan, dan hasil karya manusia dalam rangka kehidupan bermasyarakat yang dijadikan milik diri manusia dengan belajar.

c.  selo soemardjan dan soelaiman soemardi
          dalam bukunya "setangkai bunga" sosiologi mengemukakan bahwa kebudayaan sebagai semua hasil karya, rasa dan cipta masyarakat.

         berdasarkan beberapa definisi kebudayaan tersebut, dapat dikatakan bahwa budaya (kebudayaan) berada dalam alam fikiran manusia.benda atau tindakan dan benda-benda hasil ciptaan manusia adalah perwujudan kreasi manusia sebagai mahluk yang bebudaya.


2. kebudayaan lokal
      kebudayaan lokal adalah nilai-nilai lokal hasil budaya masyarakat suatu daerah yang terbentuk secara alami dan diperoleh melalui proses belajar dari waktu ke waktu. Budaya lokal dapat berupa hasil seni, tradisi,  pola pikir atau hukum adat.

      menurut parsudi suparlan secara garis besar ada 3 macam kebudayaan dalam masyarakat. indonesia yang majemuk, sebagai berikut;

a. kebudayaan nasional Indonesia yang berlandaskan Pancasila dan Undang-Undang 1945.
b. kebudayaan suku bangsa.
c. kebudayaan umum lokal.


3. karaktersistik kebudayaan
        para ahli Antropologi telah berhasil memperoleh pengertian tentang karakteristik-karakteristik tokoh kebudayaan sebagai berikut :

a. kebudayaan adalah milik bersama
b. kebudayaan adalah hasil belajar
c. kebudayaan yang didasarkan pada simbol
d. semua aspek kebudayaan berfungsi sebagai kesatuan yang saling berhubungan (integrasi)
e. kebudayaan bersifat super organik.




B. Wujud Kebudayaan
       Menurut J.J. Hoenigman wujud kebudayaan dibedakan menjadi 3 macam, antara lain gagasan, aktivitas dan artefak.

1. gagasan (wujud ideal)
        wujud ideal kebudayaan adalah kebudayaan yang berbentuk kumpulan ide-ide gagasan, nilai-nilai, norma, peraturan dan sebagainya, yang bersifat abstak, tidak dapat diraba/disentuh.
 
2. aktivitas (tindakan)
      Aktivitas adalah wujud kebudayaan sebagai suatu tindakan berpola dari manusia dalam masyarakat itu. wuud ini sering pula disebut sistem sosial.

3. artefak (karya)  
          artefak adalah wujud kebudayaan fisik yang berupa hasil dari aktifitas perbuatan, dan karya semua manusia dalam masyarakat berupa benda-benda atau hal-hal yang dapat diraba, dilihat, dan di dokumentasikan. sifatnya paling kontrit di antara ketiga wujud kebudayaan.

artikel lainnya.
-Seni Rupa
 
 
 
 

0 Response to "kebudayaan nasional dan lokal"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel