google.com, pub-4059187585619593, DIRECT, f08c47fec0942fa0 google.com, pub-4059187585619593, DIRECT, f08c47fec0942fa0 Seni Rupa - KGDLL.com

Seni Rupa

A. seni rupa murni
 

       seni rupa murni adalah seni yang dikembangkan untuk dinikmati keindahan dan mengutamakan estetika dibandingkan kegunaanya dalam kehidupan sehari-harinya.
berikut adalah contoh dari rupa murni : 
     1.  lukisan
            lukisan adalah hasil karya yang yang berbentuk 2 dimensi, yang isinya adalah gambar

    2. patung
           patung adalah hasil karya yang bebentuk 3 dimensi yang terbuat dari bahan kayu, batu, dan bahan lainnya.

    3. grafis
            seni grafis adalah salah aastu seni murni yang memiliki unsur 2D yang dibuat melalui media cetakan. contohnya kaos sablon.

    4. keramik
            jika mendengar kata keramik maka akan terlintas di benak kita adalah salah satu bagian dari rumah yaitu lantai. namun keramik tidak hanya itu saja, tetapi masik banyak yang di sebut dengan keramik misalnya guci, dan benda-benda hiasan lainnya.

    5. kriya
          seni kriya adalah cabang seni rupa berwujud 2/3d yang mengedepankan kegunaannya, tetapi tidak mengabaikan keindahannya. seni kriya menurut beberapa kejadian dapat di masukan dalan seni rupa murni, tetapi ada juga yang tidak termasuk dalam seni rupa murni.


B. seni rupa terapan
      seni rupa terapan adalah karya seni rupa yang di rancang untuk tujuan fungsional, yaitu untuk memenuhi kebutuhan fisik dan psikologis (kejiwaan). atau dengan kata lain seni terapan merupakan seni yang memiliki 2 fungsi yaitu kegunaan dan keindahan.

          wujud dari seni rupa adalah unsur-unsur visual yang dapat dilihat. dan unsur tersebut berupa titik, garis, bidng, bentuk, warna, nada, gelap terang, dan ruang,

seni rupa terapan ddapat terbagi menjadi 2 yaitu sebagai berikut.
 

    1. design
             design merupakan suatau aktivitas yang bertitik tolak dari unsur objektif suatu karya. dan berikut adalah beberapa contoh seni design.
a. design produk
b. design interior
c. design komunikasi
d. arsitektur


    2. Kriya 
           seni kriya cabang seni rupa berwujud 2/3d yang mengedepankan kegunaannya dan di buat dengan menggunakan keterampilan tangan. berikut adalah bahan seni kriya dan teknik pengerjaannya.

a. tekstil, batik
b. kayu, kulit, logam
c. anyaman 
 
1. pengantar seni
         Seni merupakan salah satu pemanfaatan budi dan akal untuk menghasilkan karya yang dapat menyentuh jiwa spiritual manusia (seperti rasa kagum kepada lukisan). karya seni merupakan suatu wujud ekspresi yang bernialai dan dapat dirasakan secara visual maupun audio. seni terdiri dari musik, tari, rupa, dan drama atau sastra. 
  
        seni rupa merupakan ekspresi yang diungkapkan secara visual dan terwujud nyata (rupa).

          seni rupa modern terbagi atas 2 bagian kelompok besar yaitu seni murni dan seni terapan. seni terapan terdiri dari design dan kriya, design dan kriya bertujuan untuk mengisi kebutuhan masyarakat akan bidang estetika terapan. 

perkembangan keilmuan seni rupa dalam beberapa tahun terakhir ini mengalami peluasan ke arah wahana yang besar, yang kita kenal sebagai budaya rupa (visual Cuture). lingkup sesungguhnya tidak hanya cabang-cabang seni rupa yang kita kenal saja, 

seperti lukis, patung, keramik, grafis dan kriya, tapi juga meliputi kegiatan kelas dunia design dan kriya (kerajinan), multimedia, fotografi, 

bahkan muncul pula teori dan ilmu sejarah seni rupa, semantika produk, seniotika visual, kritik seni, metodelogi design, management design, sosiologi design, dan seterusnya.




 Bagan seni rupa


 
 
 
 

0 Response to "Seni Rupa"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel